Sekilas Tentang Kontrasepsi KB

Sekilas Tentang Alat Kontrasepsi KB

Banyak yang inbox dan tanya Sekilas Tentang Alat Kontrasepsi KB. Ada yang keluhannya KB Itu bikin haid gak lancar, ada yg keluhannya gak pernah haid selama pake KB dan selama habis lahiran atau selama menyusui. Kadang ada juga yang sampe deras sekali darah haidnya karena KB.

Disini saya jelaskan ya bu ibu. Bila perlu ss atau save postingan saya ini atau ingat baik baik. Biar gak salah kaprah lagi tentang kb. Dan maaf klo ada inbox atau komentar yang belum sempat saya balas

Sebelumnya saya kasih penjelasan sedikit KB itu apa dan tujuannya untuk apa.

KB adalah alat kontrasepsi untuk mencegah atau mengatur jarak kehamilan. Dimana KB ini ada beberapa jenis. Mulai dr kb alami (menyusui), kb kalender, kb suntik, kb kondom (baik kondom pria atau wanita), kb susuk atau implant, dan kb spiral atau iud.

Tiap KB pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Yg jd point kelebihannya adalah mencegah dan mengatur jarak kehamilan. Kekurangannya paling banyak sekali sebenarnya. Yg utama adalah haid jadi gak lancar. Keluhan lain tergantung dari masing2 setiap orang yang memakai KB.

KB yg banyak keluhan ini biasanya KB yang mengandung hormon. Jadi selama menggunakan KB yg mengandung hormon, mau di obatin atau dipancing pakai apapun tetap tidak akan lancar haidnya. Bertahan lancar paling cuma 3 bulan dan sisanya mulai gak lancar lagi haidnya. Klo pun lancar brarti harus ketergantungan sama obat pemancing haid tadi.

Jadi kalau mau haid lancar itu ya pakai KB yang tidak mengandung hormon, atau bisa juga KB sendiri, kb alami, kb kalender dan kondom.

Masalah haid yang tidak lancar atau yang tidak haid sama sekali itu jangan takut atau khawatir bahwa darah tersebut jadi darah penyakit atau jadi darah kotor. Itu darah haid tidak terbentuk karena penekanan hormon KB tersebut. Seperti itu juga yang sedang menyusui baik yg full asi atau yang campur sama sufor. Mau pakai KB apapun haid juga tidak akan lancar karena pengaruh penekanan hormon menyusui tersebut.

Pernah ada postingan seorang ibu yang selama suntik KB mengeluhkan tidak pernah haid dan dia bilang darah yang tidak keluar itu jadi kista karena suntik KB. Itu salah besar ya bu..
Sebenarnya, Dalam tubuh kita ini sudah ada bakal penyakit seperti kista, miom dan kanker. Tetapi selama pola hidup kita baik, makan makanan bergizi serta olahraga teratur dan tidak terlalu lama pakai KB yang mengandung hormon, Insya Allah penyakit itu tidak akan aktif.
Dan memang sebenarnya klo kita kelamaan pakai KB yg mengandung hormon maka bakal penyakit tsb akan aktif apalagi ditunjang sama pola hidup kita yang tidak sehat.

Jadi saran saya klo mau pakai KB jangan pakai yang hormon dalam jangka waktu lama (bertahun tahun). Pilihlah KB jangka panjang yang tidak pake hormon. Contohnya kb spiral, kondom, kb kalender atau kb alami. Klo pun mau pakai kb hormon terutama suntik di sarankan bisa setahun sekali ganti metode kb lain.

Kita perempuan serba salah memang klo tidak pakai KB. Pakai KB banyak keluhan, gak pakai KB nanti banyak banget anaknya
Jaman ortu dulu banyak anak gak masalah karena ortu jaman dulu beda kondisi dan situasi seperti jaman kita sekarang. Apalagi banyak penyakit yang sudah terdeteksi dengan kemajuan jaman sekarang. Angka kematian ibu dan anak pun tiap tahun meningkat

Semoga bisa menjawab kekhawatiran ibu ibu semuanya tentang KB

Demikian penjelasan saya..
Kurang dan lebih itulah penjelasan yang sebenarnya. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *