Cara Klaim Asuransi Kesehatan Agar Tidak Ditolak Dijamin Mudah

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Banyaknya prosedur dan syarat terjadinya sebuah penolakan klaim sangat sering kita jumpai pada nasabah.

Semua sudah jelas tertera pada kesepatakan yang dilakukan kedua belah pihak antara pembeli dan pihak asuransi. Maka untuk pencegahannya, Anda perlu mengetahui penyebab mengapa klaim asuransi yang diajukan di tolak.

Kalian dapat melakukan beberapa cara agar klaim asuransi tidak di tolah dengan menerapkan tips berikut ini.

CARA KLAIM ASURANSI MUDAH

Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk dari cara klaim asuransi kesehatan mudah dan berbagai cara agar tidak ditolak. Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. MEMPASTIKAN MEMBAYAR TEPAT WAKTU

Kejadian pada membayar tidak tepat waktu sering sekali terjadi. Sehingg hal ini membuat klaim asuransi ditolak. Maka kalian harus memastikan setiap bulannya membayar tepat waktu dan yang terbaik adalah dengan membayar sebelum terjadinya jatuh tempo.

2. KLAIM TEPAT PADA WAKTUNYA

Sebelum anda mengajukan dokumen klaim. Maka yang harus anda pastikan adalah menghubungi kepada pihak asuransinya.

Dan untuk hal yang harus kamu perhatikan ialah setiap asuransi pasti memiliki tenggat waktu/batasan waktu tertentu untuk menentukan apakah klaim anda diterima atau tidaknya.

Seperti anda yang mungkin ingin mengajukan klaim asuransi mobil, maka anda harus segera menghubungi kepada pihak asuransi dengan waktu maksimal 3x24jam. Dan, apabila lewat pada batas waktu tersebut, mungkin saja klaim anda sudah pastinya ditolak oleh pihak asuransi.

3. Bukan Pre-Existing Condition

Untuk yang ini, jika anda mengajukan klaim tentang penyakit yang telah diderita sebelum Anda melakukan pembelian polis asuransi. Maka, ketika Anda melakukan klaim asuransi pasti tentu saja akan ditolak.

Pada setiap asuransi kesehatan pasti memiliki suatu kebijakan dimana segala penyakit yang sudah anda derita sebelum dilakukannya pembelian polis asuransi kesehatan, maka pihak asuransi tidak akan menanggungnya. Maka dari itu, pastikan anda sudah melakukan pembelian saat keadaan masih sehat.

4. KLAIM SAAT MASA TUNGGU

Didalam kebijakan ini pasti sudah ada pada setiap perusahaan asuransi. Hal ini, biasanya mempunyai masa tunggu asuransi selama 30 hari hingga kurun waktu 60 hari sejak saat polis sudah disetujui.

Untuk itu, anda tidak dapat mengklaim asuransi pada saat sebelum masa tunggu. Mungkin saja polismu akan disetujui. Tetapi dengan catatan, memiliki proses yang memakan banyak waktu. Walau klaim anda sudah disetujui, belum tentu anda langsung bisa melakukan klaim tersebut.

Maka dari itu, anda sebaiknya mengajukan dengan lebih cepat.

5. DOKUMEN PERSYARATAN LENGKAP

Jika sedang mengajukan dokumen, anda harus pastikan bahwa dokumen anda lengkap sesuai dengan prosedur yang berlaku. Kalau melewati satu dokumen, itupun bisa membuat klaim anda pasti akan ditolak.

Berikut langkah-langkah dalam proses pengajuan klaim dengan benar:

  • Seorang nasabah harus menyerahkan dokumen kekantor pusat asuransinya atau melalui kurir, ekspedisi, atau pos.
  • Pihak dari asuransi akan mengecek dokumen yang sudah anda berikan.
  • Kemudian anda dikabari oleh pihak asuransi mengenai keputusan klaim anda. Dihubungi melewati sms, telefon, surat, ataupun email.
  • Setelah semuanya beres, lakukan pembayaran klaim anda.

Sekian Cara Klaim Asuransi Kesehatan agar tidak ditolak. Hal ini bisa anda praktekan ketika mengajukan klaim kepada pihak asuransi. Semoga bisa membantu!

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.